Arya Adhyaksa

KUMPULAN RUMUS MTK



BJ Habibie Punya Mercy Langka yang Ditemukan di Hutan

CNN Indonesia
Kamis, 12/09/2019 13:57
BJ Habibie Punya Mercy Langka yang Ditemukan di Hutan
Mercedes-Benz 300 SL Coupe. (Foto: Sfoskett via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0))
Jakarta, CNN Indonesia -- Mendiang Presiden Indonesia Ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie juga suka mengkoleksi mobil-mobil antik yang tidak dimiliki banyak orang. Satu mobil yang cukup bersejarah milik BJ Habibie adalah Mercedes-Benz 300 SL Coupe.

Mobil sport produksi 1954 hingga 1957 yang didesain dengan pintu yang dibuka ke atas disebut 'gullwing' itu sangat istimewa. Ada cerita unik saat Habibie mendapatkan mobil antik tersebut.

Habibie menemukan mobil asal Jerman itu di hutan Sumatra. Dalam artikel yang dirilis pada tahun 2000, menjelaskan mobil ditemukan dalam kondisi berkarat dan tak terawat, serta banyak komponen penting yang hilang.


Beredar kabar mobil berada di atas pohon saat ditemukan. Tak ada yang tahu mengapa mobil ada di sana.

Mercedes-Benz 300 SL akhirnya dibawa ke Jakarta dan dilakukan restorasi untuk mengembalikan kondisi mobil seperti ketika keluar pabrik.

"Fantastis, bukan?" kata BJ Habibie dalam majalah Mercedes edisi Januari 1997, mengutip nzherald.co.nz, Kamis (12/9).

"Orang-orang Mercedes di Jakarta pada awalnya tidak percaya. Mereka hanya memberi saya pandangan ragu dan berpikir 'dia tidak mungkin ada di sana' [mobil ada di atas pohon]."

BJ Habibie akhirnya membangun kembali SL pada 1980 setelah dia kembali ke Indonesia dari Jerman untuk memimpin industri pesawat terbang milik negara.

Dikabarkan bahwa proses perbaikan dilakukan salah satu bengkel resmi Mercedes-Benz di Jakarta. Restorasi diawali dari rangka, bodi hingga interiornya. Butuh dua setengah tahun untuk mengembalikan wujud asli Mercedes-Benz 300 SL Coupe.

Mobil 300 SL Coupe bukan satu-satunya kendaraan pribadi Habibie. Dia juga memiliki tiga mobil klasik lain dan sepeda motor sespan yang sempat digunakan mantan Presiden Soeharto.
 (ryh/mik) 
https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20190912135249-384-429896/bj-habibie-punya-mercy-langka-yang-ditemukan-di-hutan

0 komentar: